Biar Kerja Efektif dan Bisa Work-Life Balance, Terapkan Teknik Pomodoro Aja!
Sumber: canva.com

Finance / 4 August 2023

Kalangan Sendiri

Biar Kerja Efektif dan Bisa Work-Life Balance, Terapkan Teknik Pomodoro Aja!

Claudia Jessica Official Writer
1658

Sering telat pulang kantor karena kerjaan belum selesai? Atau kamu suka tanpa sadar menunda pekerjaan? Atau mungkin kamu sudah mengerjakan banyak hal, tapi kok kerjaan masih belum juga selesai ya? Jadinya sering telat pulang kantor, telat ketemu keluarga di rumah, ga work-life balance sama sekali.

Kalau kamu mengalami semua hal di atas dan ingin mencapai work-life balance, coba deh terapkan teknik pomodoro.

Teknik Pomodoro adalah salah satu metode manajemen waktu yang telah terbukti efektif untuk meningkatkan produktivitas dan konsentrasi. Ditemukan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980-an, metode ini menggabungkan fokus dan istirahat secara teratur dalam rentang waktu tertentu.

Dengan menggunakan konsep kerja dalam interval waktu yang terstruktur, Teknik Pomodoro dinilai efektif bagi orang-orang yang memiliki tugas melimpah.

 

BACA JUGA: Produktif Tapi Kerjaan Ga Kunjung Selesai? Kenali Istilah Productive Procrastination

 

Cara Kerja Teknik Pomodoro

Misalnya, Anda bekerja selama 25 menit, lalu istirahat selama 5 menit. Anda dapat mengatur durasi waktu sesuai dengan preferensi Anda, namun durasi 25 menit dinilai terbukti efektif bagi banyak orang untuk mempertahankan fokus dan konsentrasi.

Siklus ini diulang beberapa kali, dan setelah empat siklus, Anda diperbolehkan untuk beristirahat selama waktu yang lebih lama misalnya 15 sampai 30 menit. Istirahat ini membantu otak Anda beristirahat dan mempersiapkan diri untuk sesi produktif selanjutnya.

Selama waktu istirahat, Anda dapat menggunakan waktu istirahat ini untuk melakukan tindakan yang menyegarkan pikiran, seperti mengambil secangkir kopi, meregangkan tubuh, membaca buku inspiratif, atau berjalan-jalan sejenak. Hasilnya, Anda akan merasa lebih segar dan meningkatkan produktivitas saat kembali bekerja selama sesi kerja berikutnya.

Manfaat Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro membuat waktu kerja yang panjang menjadi sesi singkat yang membantu Anda meningkatkan fokus dan konsentrasi pada tugas yang harus diselesaikan.

Selama sesi pomodoro berlangsung, Anda dilarang keras menggunakan ponsel dan hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan pekerjaan Anda. Hal ini dilakukan agar Anda tidak membuang waktu sia-sia.

 

BACA JUGA: Mau Produktif Tapi Terhalang Mager? Dengan Prinsip Kaizen, Mager Hempas Seketika

 

Teknik Pomodoro juga mengajarkan Anda untuk disiplin dalam menyelesaikan tugas dalam waktu yang telah ditetapkan. Hal ini akan membantu Anda menghindari prokrastinasi dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Istirahat pendek yang dilakukan dalam Teknik Pomodoro akan meningkatkan efisiensi dalam menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Bahkan saat fokus Anda tetap terjaga, Teknik Pomodoro memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lebih cermat dan kualitas pekerjaan pun menjadi lebih baik.

Dengan mengatur waktu kerja dengan Teknik Pomodoro, Anda dapat meningkatkan efektivitas pekerjaan, menghindari prokrastinasi dan distraksi, serta memiliki fokus yang baik dalam melakukan pekerjaan. Cobalah menerapkan teknik Pomodoro dalam rutinitas kerja Anda dan buktikan apakah Anda bisa menjadi lebih produktif dan efektif dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami